KASN Minta 9 Pejabat Administrator Takalar Yang di Berhentikan Dikembalikan Ke Posisinya

0 Viewers
Share:


TAKALAR, MI - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menganggap keputusan Bupati Takalar yang memberhentikan 9 Pejabat Administrator serta penurunan jabatan terhadap 12 Pejabat Administrator lingkup Pemerintah Kabupaten Takalar tidak beralasan.

KASN meminta kepada Bupati Takalar untuk meninjau kembali keputusannya dan mengembalikan ke-21 pejabat tersebut ke posisinya semula.

Sikap KASN tersebut tertuang didalam surat rekomendasi pengawasan KASN yang ditujukan kepada Bupati Takalar, tertanggal 6 Oktober 2018. Dalam surat tersebut, KASN menilai keputusan Bupati Takalar melakukan pemberhentian dan penurunan jabatan setingkat lebih rendah terhadap Pejabat Administrator di lingkup Pemerintah Kabupaten Takalar, bertentangan dengan prinsip sistem merit dalam kebijakan dan manajemen ASN sebagimana diatur dalam PP No. 11 tahun 2017 dan PP No. 53 tahun 2010 karena tidak didukung oleh alasan yang jelas dan dilakukan tidak melalui tatacara sesuai ketentuan perundang-undangan.

Bupati Takalar diminta untuk meninjau kembali keputusannya dengan menetapkan pengangkatan kembali ke-21 PNS tersebut ke jabatannya semula atau jabatan lainnya yang setara, KASN memberi waktu kepada Bupati Takalar untuk menindak lanjuti rekomendasi KASN hingga tanggal 31 Oktober 2018.

Kewajiban pelaksanaan rekomendasi KASN diatur dalam Undang-Undang No. 5 tahun 2014 tentang Apartur Sipil Negara pasal 23 ayat 3 bahwa hasil pengawasan KASN disampaikan kepada PPK dan PYB untuk wajib ditindak lanjuti.

Jika tidak diindahkan, maka akan dianggap melanggar Pasal 33 ayat (1), dimana KASN akan merekomendasikan Presiden untuk menjatuhkan sanksi.(*)
loading...