KM. Gandha Nusantara II, Tiba di Selayar Bertepatan Dengan Hari Jadi Kab. Kep. Selayar Ke-413

0 Viewers
Share:


SELAYAR, (MI) - Bertepatan dengan Hari Jadi Kepulauan Selayar yang ke- 413. Kapal Redo KM. Gandha Nusantara II yang memiliki daya apung hanya 2 meter, milik PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) ini rencana akan beroperasi untuk melayani penyebrangan antar pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Andi Baso, S.H. Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Selayar membenarkan rencana kedatangan kapal Redo KM Gandha Nusantara yang bisa sandar di pantai.

“Insya Allah, kedatangannya bertepatan HUT Selayar, kalau surat penempatannya di selayar sudah keluar tertanggal 30 juli 2018 dari Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Laut. Kita berharap semoga Selayar dapat dua Kapal, tujuannya episien waktu rute pelayanan. Yang satu menyisir dan satunya stand by pusat pangkalan pengangkutan terpusat di pelabuhan Pattumbukan kecamatan Bontosikuyu,” Jelasnya.

Surat penempatan tersebut berjumlah dua puluh kapal, selain penempatannya pelabuhan Karimun Jawa dan pelabuhan Mesuji Lampung, sebagian besar di tempatkan di NTT dan Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan.

Andi Baso menambahkan bahwa kapal KM Gandha Nusantara bisa mengangkut kendaraan untuk ke pulau. Jumlah kapasitas penumpang 80 orang, ruang muat 10 Ton kecepatan 10 knot.

“Kapal Redo ini adalah kapal Perintis 92 GT Type 2017 dengan panjang kapal/Loa 24.70 meter, lebar 6.30 meter sangat pas dengan kepulauan dan sebelumnya akan di uji coba oleh tim survey kementerian,” ungkap Andi Baso. (**)
loading...