Pesta Tahunan Masyarakat Sambali "PANGARU" Sudah Menjadi Tradisi.

0 Viewers
Share:


SELAYAR, (MI) - Pelaksanaan Pesta Tahunan di Desa Sambali, Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar sudah menjadi budaya masyarakat yang berlangsung satu kali dalam setahun. 

Dalam pelaksanaan pesta tahunan ini yang paling di tunggu - tunggu masyarakat pasimarannu adalah tradisi "PANGARU". (Jum'at, 19 Oktober 2018).

Budaya Pangaru ini di Peringati satu kali dalam setahun sebagai bentuk amanah atau warisan dari leluhur masyarakat sambali. Melambangkan bentuk kegembiraan masyarakat dizaman dulu, dimana pertama kali mendapatkan sumber air tawar yang menjadi kebutuhan sehari-hari. 

Salah satu warga Sambali Rajiu menjelaskan kepada Tim Media, disini dulu susah untuk mendapatkan air, sehingga orang - orang tua dulu melakukan penggalian sumur yang sangat dalam, kurang lebih 28 depa barulah dapat air.

"Jadi acara Pangaru ini bermula dari salah satu warga dulu yang berhasil mendapatkan air, karena kegembiraan mereka, dibuatlah acara pesta dan disitulah awal mula pangaru disini sampai sekarang," Jelasnya.

Lanjut Rajiu, keahlian pangaru ini dari pewaris terdahulu, jadi kekebalan adalah merupakan warisan dari orang-orang tua terdahulu yang tidak akan pernah terpisahkan, karena ini amanah jadi kami harus menjaga dan melestarikanya terus.

"Pembiayaan Kegiatan pesta tahunan rakyat ini di tahun sebelumnya dari masyarakat, baru tahun ini dibiaya oleh pemerintah Desa," tambanya.

Hadir dalam kegiatan Pesta Tahunan samabali, Angota Koramil Pasimarannu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh pemuda dan masyarakat pasimarannu.  (**).
loading...