Sebanyak 42 Korban Luka Korban Crane Majdidil Haram Asal Indonesia, Belum Menerima Kompensasi Dari Raja Arab

0 Viewers
Share:


MAKASSAR, MI - Sebelumnya Raja Salman berjanji soal santunan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud untuk memberikan dana kompensasi kepada korban jatuhnya crane di Masjidil Haram pada 11 September lalu.

Bahkan Kedutaan Besar Arab Saudi saat itu juga menyatakan bahwa hingga saat ini proses pencairan kompensasi dalam tahap penyelesaian teknis administratif.

Kementerian Keuangan Arab Saudi siap mencairkan dana tersebut apabila proses pemeriksaan dan verifikasi data korban rampung. "Namun harapan santunan itu hanya janji dan janji belaka, karena keseriusan oknuk pemerintah RI (berwewenan) nampaknya setengah hati memperjuangkan hak WNI yang jadi korban insiden Crane," yang sering dipertanyakan ahli waris Jemaah asal Sulawesi Selatan kepada JNN di Makassar. 

Sesuai data, Insiden yang  menewaskan 210 orang, delapan di antaranya mengalami cacat permanen. Sebanyak 42 korban luka berasal dari Indonesia.

Bagi korban meninggal dan cacat permanen, Salman menginstruksikan pemberian dana kompensasi senilai SR1 Juta atau sekitar Rp3,5 miliar.

Selain korban tewas, Saudi juga akan memberikan santunan SR 500.000 atau setara Rp1,75 Milyar bagi korban luka yang berjumlah 238 orang, termasuk 49 WNI.

Tak hanya itu, Raja Salman juga mengumumkan akan memfasilitasi para korban crane yang belum sempat menunaikan ibadah haji pada 2015 untuk melaksanakannya di tahun 2017 atas undangan Raja. 

Meski hingga musim haji 2018 belum lama ini sudah berakhir harapan undangan Raja Salman belum terialisasi juga dan semoga musim haji 2019 sudah terwujud. (JNN/NAS).
loading...