Sejumlah LSM Di Takalar Dipastikan Akan Demo Dan Laporkan Proyek Rehab Sekolah Ini

0 Viewers
Share:

TAKALAR (SUL-SEL), MI - Parahnya sejumlah pelaksanaan proyek rehab di kabupaten Takalar mulai mengundang perhatian besar dari para aktivis LSM anti korupsi dan pemerhati pendidikan.

Salah satunya Ketua LSM BAKIN Takalar dan ARMADA dikabarkan telah sepakat untuk melaporkan dan melakukan aksi demonstrasi terkait pelaksanaan proyek rehabilitasi di tingkat SMA serta rehab sekolah-sekolah lain (SD dan SMP) dibawah naungan Dinas Pendidikan kabupaten Takalar.

Ketua LSM BAKIN, Nursalam, yang dikonfirmasi (1/11/2018) mengatakan pihaknya saat ini telah mengumpulkan bukti-bukti lapangan (fisik) terkait pelaksanaan sejumlah proyek rehab di kabupaten Takalar. Setidaknya hingga saat ini sudah ada beberapa sekolah yang telah masuk daftar pelaporan oleh LSM BAKIN dan Armada, diantaranya  adalah SMAN 2 Takalar yang diketahui berada dibawah pengawasan TP4D.

"Kita sudah rampungkan bukti beberapa sekolah, termasuk SMAN 2 Takalar, SMPN 3 Galesong Selatan, SMP 1 Marbo, SD Maccini baji, SD Mangngulabbe dan lainnya. Selebihnya masih dalam tahap investigasi dari teman-teman BAKIN," Jelas Salam.

Sementara, Ketua ARMADA, Anas Fahreza menyebut tidak ada toleransi terhadap pihak-pihak yang diduga mencoba "mempretele" kepentingan dunia pendidikan. Selain itu, dirinya menegaskan akan terus bersama BAKIN untuk melakukan pengusutan sejumlah proyek rehab yang diduga sarat dengan permainan dan berbau tindak pidana korupsi hingga ke persoalan hukum.

"Saya kira tidak ada toleransi terhadap pihak yang coba mempretele kepentingan pendidikan. ARMADA akan terus bersama BAKIN untuk mengawal persoalan ini hingga ke ranah hukum," Tegas Anas.

Sebelumnya, beberapa rehab sekolah telah diberitakan media. Rata-rata dari sekolah tersebut diduga kuat melakukan dugaan tindak pidana korupsi dengan menggunakan material tak berkualitas, anggaran diduga markup, serta tidak melakukan rehab terhadap beberapa bagian ruangan sekolah yang seharusnya direhab. Seperti SMAN 2 Takalar yang tidak mengganti kayu konsen jendela yang sudah dimakan rayap dan tidak layak lagi digunakan. (**).

Editor : Irfan.

loading...