Begini Pembahasan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa dan BPD di Desa Sambali

0 Viewers
Share:


SELAYAR, (SUL-SEL), MI - Pemerintah Desa Sambali, Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar. Melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa, BPD dan Kelembagaan. menghadirkan 2 (dua) orang pemateri yang diselenggarakan di Aula Kantor Desa Sambali, (Kamis, 10/01/2019).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh, Pendamping Lokal Desa (PLD), BPD, Perangkat dan Staf Desa, Guru Mengaji dan RK/RT.

Safaruddin, A.Md., (Pendamping Desa) yang membawakan materi tentang peranan dan fungsi kelembagaan tingkat desa dalam penyusunan Ranperdes, menjelasakan secara mendetail tentang tupoksi masing - masing. Selain itu dia juga memaparkan tentang tata cara penyusunan Ranperdes dan tata cara pengelolaan keuangan desa.


"Dana Desa yang di gelontorkan oleh pemerintah pusat cukup besar jadi perlu dimanfaatkan secara baik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa," tegas Safaruddin.

Lebih lanjut, setelah penyampaian materi oleh Pendamping Desa, dilanjutkan dengan diskusi. Dan materi berikutnya dibawakan oleh H. Syamsil tentang tata cara memimpin persidangan oleh BPD dan dilanjutkan dengan simulasi.

Kepala Desa Sambali, Basra mengharapkan dengan pelatihan ini semua perangkat Desa dan BPD tahu tugasnya dan kewajibannya untuk kebaikan desa Sambali kedepannya.

"Saya mengharapkan, dengan adanya pelatihan ini semua perangkat Desa dan BPD tahu tugasnya masing - masing sehingga dalam pengadministrasian itu jelas. Sehingga lebih baik lagi kedepannya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa Sambali," kata Basra Kades Sambali.   (NM).
loading...