Desa Pa'batangan Bersama Puskesmas Mappakasunggu Gelar MMD, Ini Yang Dibahas

0 Viewers
Share:


TAKALAR (SUL-SEL), MI - Desa Pa'batangan, Kecamatan Mappakasunggu bekerjasama dengan Puskesmas Mappakasunggu Kabupaten Takalar, Gelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), di halaman depan kantor Desa Pa'batangan, Sabtu (12/1/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Kepala Puskesmas Mappakasunggu, Kepala Desa Pa'batangan, para kader-kader desa seperti kader keamanan dan kader kebersihan Desa Pa'batangan. Turut juga hadir Bhabimkantimmas, Babinsa, BPD dan para kepala Dusun Pa'batangan, beserta puluhan kader kesehatan baik dari Puskesmas maupun kader kesehatan yang ada di desa.

Kegiatan MMD ini untuk membahas tentang masalah kesehatan yang ada di wilayah Kecamatan Mappakasunggu terkhusus di Desa Pa'batangan dan untuk mempertajam tentang persiapan menyambut tim verifikasi dari pusat tentang desa sehat.


Kepala Puskesmas Mappakasunggu, Hasrida Muis, menyampaikan ke awak media bahwa kegiatan MMD ini adalah salah satu pendekatan tentang melihat persoalan tentang kesehatan di Desa, karena itu dilihat dari hasil survei kita yang ada di desa. Bahkan bukan saja tentang masalah kesehatan tetapi Kapus Mappakasunggu ini juga membahas tentang potensi-potensi yang ada, untuk peningkatan perekonomian yang ada di desa pa'batangan. Seperti Keramik salah satu kerajinan tangan yang dihasilkan.

"Ada inovasi tentang kerajinan lokal disetiap rumahkan tersedia barang dan tersedia pemasaranya, itu ciri khas desa itu sendiri dari desa-desa yang lain. Dan yang harus dikembangkan perekonomiannya untuk menuju desa sehat, bersih, nyaman, dan aman," ungkap Hasrida Muis.

Kapus Mappakasunggu ini juga menerangkan, kalau rapat ini sebagai persiapan desa sehat menuju Kabupaten Takalar Sehat Tahun 2019, sekaligus untuk menyambut tim verifikasi dari pusat yang diperkirakan akan melakukan penilaian pada kamis 16 Januari 2019. Dan saat ini Desa Pa'batangan tengah menyiapkan data-data yang diperlukan.

"Tujuan dari desa sehat menuju kabupaten sehat itu sendiri adalah suatu kondisi desa yang bersih, aman, dan sehat yang dicapai melalui kegiatan yang terintegritas yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Berharap kedepan Desa Pa'batangan memiliki potensi SDM yang baik, agar bisa bersaing dari desa-desa yang lain," harap Hasrida, Kapus Mappakasunggu.

Sementara itu, Kepala Desa Pa'batangan, Abdul Rahman mengatakan, banyak harapan kedepan yang kami sampaikan kepada Puskesmas Mappakasunggu.

"Terkait dengan kesehatan dan pembagunan kesehatan yang ada di Desa Pa'batangan, karena disinilah ide-ide atau disinilah informasi yang kita dapatkan dari puskesmas atas keluhan dan saran-saran dari masyarakat," tutur Kades Pa'batangan.   (Sau).
loading...