Diduga Asal Jadi, PERAK Laporkan ke Kejati Proyek Irigasi Balai Pompengan

0 Viewers
Share:


MAKASSAR, MI – Lembaga Swadaya Masyarakat Pembela Rakyat (LSM PERAK) Sulsel, resmi melaporkan ke Kejati Sulsel dugan korupsi pada Proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) di Kabupaten Bone.

Proyek yang dilaporkan itu yakni Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Pattiro yang dikerjakan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS PJ) mencakup wilayah kerja PPK Irigasi Rawa 3 PJPA SNVT, yang dikomandoi Sahira.

“Kami sudah masukkan laporan hari ini di kejati. Laporan itu mengenai proyek di ruas saluran sekunder di Desa Sugiale Kecamatan Barebbo yang diduga terjadi penyimpangan,” kata Ketua PERAK Sulsel, Adiarsa MJ, Kamis (24/1/19).

Adiarsa mengaku, pihaknya telah turun mengumpulkan informasi, data, keterangan dan bukti dokumentasi di lapangan. Dimana hasil penelusuran dan informasi yang dihimpunya, pekerjaan proyek itu diduga tidak sesuai standarisasi.

“Dimana pekerjaan saluran tersebut diduga menggunakan pasangan batu dan teknis pelaksanaan pasangan batu hanya disusun miring keatas. Kemudian dituanglah campuran didepannya sampai ke atas layaknya seperti plesteran, serta campuran pasir semennya juga diduga tidak sesuai standarisasi,” ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menduga dalam proyek tersebut terjadi pengurangan volume pekerjaan yang seharusnya dikerjakan sesuai ketentuan RAB.

“Silahkan penegak hukum turun melihat sendiri, kami duga ini proyek asal jadi. Dan jika benar ditemukan pelanggaran disini, proyek tersebut harus dibongkar dan dibangun ulang,” tuturnya.

Pihaknya juga menuding, PPK Irigasi Rawa 3 PJPA SNVT BBWS PJ, Sahira tidak transparan dan tertutup terkait proyek ini.
(*).
loading...