MASIGA 112 Siap Terima Aduan Masyarakat Kabupaten Bone

0 Viewers
Share:


BONE, MI - Pemerintah Kabupaten Bone meluncurkan layanan Emergency "MASIGA 112". Layanan Emergency ini terpusat di Posko Sao Masiga, Jln. Jend. Ahmad Yani Watampone.

Nama Sao Masiga diambil dari bahasa Bugis, berarti Rumah/Posko Cepat Tanggap. Jadi Sao Masiga adalah poskonya sedangkan Masiga 112 adalah layanannya.

Layanan Masiga 112 yang beriorientasi pada masalah gawat darurat tersebut kini telah diuji coba dan sudah bisa diakses oleh masyarakat Bone.

Pemerintah Kabupaten Bone selalu berkomitmen untuk memberikan untuk pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Salah satunya lewat layanan nomor tunggal panggilan darurat ”MASIGA 112“.

Bentuk layanannya adalah berorientasi pada pengaduan masyarakat pada kegawatdaruratan, seperti medis, kebakaran, keamanan, kecelakaan, bencana, dan kasus kegawatdaruratan lainnya.

Layanan ini dikoordinir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bone dan terhubung dengan beberapa SKPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Basarnas, serta Kepolisian.

Beroperasi 24 jam 7 hari seminggu dan dapat diakses dari semua operator telepon, baik telepon selular (Hp), maupun telepon statis (telepon rumah).

Layanan ini juga memungkinkan petugas Call Center untuk memandu penelpon yang mengalami kejadian gawat darurat melakukan tindakan-tindakan tertentu untuk mengurangi dampak korban lebih parah, sambil menunggu petugas penolong tiba di lokasi kejadian.

Dengan adanya sarana ini masyarakat Kabupaten Bone diharapkan menghafal nomor kegawatdaruratan 112 tersebut jika ada hal yang sifatnya darurat.

Apabila menggunakan Hp untuk memanggil maka tambahkan kode area wilayah Bone, yaitu 0481-112 dan jika menggunakan telepon statis (telepon rumah) cukup hanya menekan 112

Bupati Bone, Dr. H.A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si., mengatakan dengan adanya pelayanan panggilan tunggal darurat 112 ini diharapkan laporan dari masyarakat ketika dihadapkan situasi darurat bisa segera mendapat respons dengan lebih cepat dan efektif.

Namun begitu, tolong jangan main-main, jangan sembarang menelpon biar tidak ada misalnya kebakaran langsung menghubungi 112, "Kasihan petugas jadi harap pengertian dan kerja samanya," harap Bupati Bone.

“Konsep call center terpadu ini dapat terlaksana bila ada dukungan dari semua instansi terkait seperti Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, rumah sakit dan ambulans, Kepolisian, Satpol PP, dan masyarakat Bone,” ungkapnya. (Ar).
loading...