Tindak Lanjuti Temuan LPP, Bawaslu Bersihkan Baliho Caleg Yang "Serang" Perusda Sulsel

0 Viewers
Share:


MAKASSAR, MI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Makassar langsung mengambil tindakan tegas terkait adanya temuan Lembaga Pemantau Pemilu. Temuan tersebut berupa alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di kantor atau aset Perusahaan Daerah Sulawesi Selatan atau BUMD Pemerintah Provinsi Sulsel. 

"Siap, kami sudah arahkan Panwascam untuk tertibkan," kata Zulfikarnain, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubla Bawaslu Kota Makassar. 

Alhasil, semua APK yang terpasang sudah dibersihkan. 

Sebelumnya, Lembaga Pemantau Pemilu (LPP) menemukan adanya pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang pada aset kantor perusahaan Daerah (Perusda) Sulawesi Selatan di wilayah Kecamatan Ujung Tanah. 

Beberapa caleg yang kedapatan APK terpasang, yakni Hj. Jannati, Caleg DPRD Kota Makassar Dapil 2 nomor urut 7 dari Partai PAN, Akhmad Akbar, SH, MH Caleg DPRD Kota Makassar Dapil 2 nomor 9 dari Partai Perindo, Drs. H.A. Salehuddin Krg. Gau Caleg DPRD Kota Makassar nomor urut 8 dari Partai PKB, H. Andi Ridwan Wittiri Caleg DPR-RI Dapil Sulsel 1 nomor urut 1 dari Partai PDIP, Bahar Ngitung, Caleg DPR RI dari Partai Demokrat dan Dr. Ir. H. Muhammad Saiful Saleh, M.Si Calon DPD RI.

Tidak hanya itu, Tim Saiful Saleh diduga sengaja memasang dan melanggar aturan. Karena LPP yang kedua kalinya mendapati APK nya dipasang di kantor pemerintahan atau BUMD.

"Kami mengapresiasi sejauh ini kinerja Bawaslu. Tentunya kami sebagai lembaga pemantau hadir juga untuk membantu kerja-kerja Bawaslu kedepannya dalam hal pencegahan dan pengawasan pemilu," ucap Adiarsa MJ, Ketua LSM PERAK, Jumat, (8/2/19).

Sekedar diketahui, terkait dengan adanya pemasangan APK yang berada di kantor pemerintahan. Hal tersebut bisa ditindak dengan peraturan dan mekanisme yang sudah ada. Kantor Pemerintahan maupun BUMN/BUMD, Tempat Ibadah dan Sekolahan adalah tempat yang bebas dari APK. (*).
loading...