Wabup Torut Ancam Tinggalkan Ruangan Jika Bupati Kala'tiku Lantik Daniel Silambi

0 Viewers
Share:


TORAJA UTARA, MI - Menjelang pelantikan pejabat ASN di lingkup Pemda Toraja Utara, Senin besok, muncul riak-riak pertentangan antara Bupati Kala'tiku Paembonan dan Wakil Bupati Yosia Rinto Kadang. 

Keduanya tampak tidak solid dalam hal penempatan pejabat yang akan dimutasi dan dilantik. Pertentangan pasangan Dwi-tunggal KABORO’ ini makin meruncing saat ini.

Pemicunya terkait issu pelantikan Daniel Silambi menjadi Kadis Pendidikan Toraja Utara. Sejauh ini, Bupati Kala'tiku dikabarkan akan memaksakan melantik Daniel Silambi. Issu pelantikan Daniel ini menyeruak hingga sore menjelang malam ini.

Wakil Bupati Rinto saat dikonfirmasi di Rujab, sore ini, justru mengatakan, Daniel tidak jadi dilantik. Ini sesuai pembicaraan dengan Bupati Kala'tiku. “Kalau Daniel Silambi dipaksakan dilantik oleh bupati saya akan keluar ruangan tidak menghadiri pelantikan. Karena itu tidak sesuai dengan aturan ASN. Nanti publik menilai kita tidak tahu tentang tatakelola pemerintahan,” tegas Rinto lantang di hadapan Rony Rumengan, Pemred Koran Tator.com sore ini.

Rinto malah tidak mempermasalahkan jika kisruh tentang ini dibuka agar diketahui publik. Pembicaraan Rinto dengan Rony ini kebetulan disaksikan Ir. Daniel Pongsilurang dan Roland H. Bato'rante. Keduanya dari Toraja Transparansi, sebagai Technical Senior Advisor dan Koordinator Monitoring dan Investigasi.

Nama-nama pejabat ASN yang akan dilantik hingga berita ini tayang, belum diketahui. Belum ada bocoran mengenai itu. (Jonan).
loading...