Wagub Sulsel Tinjau Irigasi dan Bendung di Kabupaten Sidrap

0 Viewers
Share:


SIDRAP, MI - Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Sidenreng Rappang (Sidrap). Andi Sudirman yang disambut Bupati Sidrap H Dollah Mando, meninjau sumber irigasi sawah, Minggu (24/2).

Andi Sudirman mengunjungi jaringan Irigasi Air Tanah, Desa Lise, Kecamatan Pancalotang. Selanjutnya, ke Bendung Takalasi, Kelurahan Takkalasi, Kecamatan Maritengngae.

"Saya meninjau beberapa sumber irigasi di Kabupaten Sidrap. Dan Alhamdulillah, semakin membaik. Namun, memang perlunya maintenance dan pelatihan tata kelola irigasi," ucap Andi Sudirman.


Salah seorang warga yang hadir, Udding, menyampaikan aspirasinya ke Wagub Sulsel. 
"Dulu tidak hujan 10 hari, air langsung kering. Tapi setelah ada bantuan 10 pompa dari pemerintah sudah tidak kering lagi.
Kami masih butuh empat pompa besar agar sekitar 300 hektare dapat dialiri secara merata dan menghentikan warga yang memakai pompa pribadi untuk kepentingan sawahnya sendiri," terangnya.

Mendengar hal itu, Wagub Sulsel Andi Sudirman, menegaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menargetkan 250 ribu hektare lahan tadah hujan bisa dialiri air melalui sistem irigasi dalam lima tahun ke depan. 

"Sistem irigasi di Kabupaten Sidrap sudah cukup baik, namun belum secara merata. Pekerjaan berat saya dan Pak Gubernur adalah, bagaimana irigasi di Sulsel bisa produktif," ungkapnya.

Untuk itu, program rehabilitasi jaringan irigasi saat ini sedang gencar dilakukan. Karena pada waktu jeda, petani tetap memanfaatkan air yang ada dengan menanam tanaman lain, seperti palawija atau tanaman hortikultura lainnya. (**).
loading...