Bawaslu Selayar Gelar Apel Patroli Pengawasan Anti Politik Uang

0 Viewers
Share:


SELAYAR, MI - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Kepulauan Selayar gelar apel patroli pengawasan anti politik uang pada masa tenang pemilihan umum tahun 2019. Bertempat di Taman Pusaka Benteng Selayar, Jum'at (12/4).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kompol. Syamsuddin Palulu, S.H., mewakili Kapolres Kepulauan Selayar, Kapten Arm. Husain mewakili Dandim 1415/Selayar, Kepala OPD, dan para tamu undangan lainnya.

Membacakan sambutan seragam Ketua Bawaslu RI, Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar, Suharno, S.H., mengatakan kalau pemilihan umum adalah perayaan demokrasi yang patut dirayakan dengan penuh sukacita, damai, dan rasa kebanggaan sebagai sebuah bangsa yang beradab.


Pemilu kali ini adalah pengalaman baru bagi kita, dimana untuk pertama kalinya dalam sejarah kepemiluan Indonesia akan dipilih secara serentak, menjadi ujian besar bagi Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu yang telah 11 tahun mendedikasikan dirinya menjaga hak pilih rakyat. 

Masa ini merupakan salah satu fase krusial dalam pelaksanaan pemilu yang akan menguji integritas seluruh elemen bangsa termasuk di dalamnya Bawaslu dan Peserta Pemilu. "Masa tenang cenderung diwarnai dengan praktik - praktik kecurangan politik uang, propaganda Isu SARA, Penyebaran Berita Bohong untuk saling menjatuhkan diantara sesama peserta".


Politik uang jelas-jelas melecehkan kecerdasan pemilih, merusak tatanan demokrasi serta meruntuhkan harkat dan martabat 
kemanusiaan. Oleh karena itu, seluruh jajaran pengawas pemilu bersama-sama dengan masyarakat kita tolak dan lawan politik uang, demi pemilu yang bersih, berintegritas dan bermartabat," ujar Suharno, S.H., saat membacakan sambutan seragam Ketua Bawaslu RI, Abhan, S.H.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan  penyematan secara simbolis tanda peserta patroli pengawasan anti politik uang kepada Panwascam, PPKD, dan PPTS serta pemeriksaan kesiapan para pengawas. (**).
loading...