Lestarikan Budaya, Guru Dan Siswa SDN Lakkang dan SMPN 44 Makassar Pakai Baju Adat di Hari Kebudayaan

0 Viewers
Share:


MAKASSAR, MI - Kearifan lokal merupakan tradisi atau budaya yang ada dalam masyarakat tertentu. Setiap daerah memiliki karakter budaya tersendiri, ia hidup bersama masyarakat sejak lama yang sampai saat ini masih ada dalam masyarakat.  

Dalam rangka memperingati Hari Kebudayaan (01/04/2019), berbagai instansi melaksanakan kegiatan. Maksud dan tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan tidak lain adalah sebagai upaya untuk melestarikan budaya atau tradisi yang ada. 

Sebagai penyelenggara pendidikan, tentunya sekolah adalah sebagai wadah bagi peserta didik untuk terus mengenal budaya-budaya yang ada di Indonesia (Nasional), begitupun dengan budaya lokal yang ada didaerahnya masing-masing.

Peringatan Hari Kebudayaan hari ini juga dilaksanakan di Pulau Lakkang Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Di Pulau tersebut terdapat dua sekolah, yaitu SDN Lakkang dan SMPN 44 Makassar, Selain itu di Pulau Lakkang juga terdapat peninggalan sejarah yang saat ini dilindungi oleh pemerintah.  

"Dalam rangka memperingati hari kebudayaan, kami dari Pihak sekolah melaksanakan kegiatan kunjungan ke tempat bersejarah yang ada disini yaitu bunker peninggalan Jepang, tujuannya agar siswa bisa lebih mengenal peninggalan sejarah yang ada di Pulau Lakkang," ungkap Nuriati, S.Pd., selaku kepala Sekolah. 

Menurut Nuriati, kegiatan kunjungan ke tempat bersejarah dilaksanakan dengan  melibatkan seluruh guru, siswa SD dan SMP. Dimana guru dan siswa diwajibkan menggunakan pakaian nasional atau adat. 

"Selain kunjungan ke tempat bersejarah kami juga melaksanakan pameran makanan tradisional, jadi setiap siswa membawa contoh makanan tradisional yang akan mereka pamerkan di halaman sekolah," lanjut Nuriati. (**).
loading...