Berikut Capaian Kinerjanya dari Tahun 2016-2019 Dinas Perindagkop dan UKM Selayar

0 Viewers
Share:


SELAYAR, MI - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Perindagkop dan UKM)  Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Hizbullah Kamaruddin memaparkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2016-2019 dalam Jumpa Pers yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Selasa (7/5).

Perindagkop dan UKM mempunyai tugas utama pada lima bidang, yakni bidang perindustrian, Perdagangan, Bidang Kemetrologian, Bidang Koperasi dan Bidang UKM, ujar Drs. Hizbullah Kamaruddin dalam Jumpa Pernya.

"Menyangkut bidang perindustrian, Perindagkop dan UKM diberikan tugas khusus untuk mewujudkan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai pusat distribusi logistik kawasan timur Indonesia," katanya.

Dalam pelaksanaan program tersebut telah disusun road map, sebagai dasar pelaksanaan kerja. Road map dimaksud meliputi 3 hal, yakni pembuatan regulasi untuk kemudahan investasi. Saat ini telah dimasukkan dalam ranperda dan menunggu pengesahan dari DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar. Kedua adalah studi kelayakan kawasan dan pembebasan lahan, serta penyediaan modal transportasi dan konsolidasi potensi perdagangan.

Selain tugas khusus tersebut, lanjut Drs. Hizbullah juga mengemukakan Disperindag juga telah melakukan berbagai program pembinaan industri yakni peningkatan SDM, peningkatan kapasitas kelembagaan, serta peningkatan daya saing produksi.

Terkait dengan efisiensi perdagangan dalam negeri, pada Tahun 2018 Perindagkop dan UKM telah menerima tugas pembantuan dari Kementerian Perdagangan RI, pada pelaksanaan kegiatan pengembangan sarana distribusi perdagangan dan kapasitas logistik perdagangan dengan pembangunan/revitalisasi pasar rakyat pada 3 kecamatan. Masing-masing pembangunan pasar Desa Patikarya Kecamatan Bontosikuyu, Pasar Desa Garaupa Kecamatan Pasilambena, dan pembangunan pasar Desa Bonerate Kacamatan Takabonerate.

Pada tahun 2019 pembangunan/revitalisasi pasar rakyat di Desa Barugaiya Kecamatan Bontomanai. "Jumlah pedagang terus meningkat seiring dengan bertambahnya sarana dan prasarana distribusi barang di Kabupaten Kepulauan Selayar. Jumlah pedagang sampai dengan 30 April 2019 sebanyak kurang lebih 1.853 orang dari 31 pasar. Sementara di Bidang Koperasi sampai dengan 30 April 2019, jumlah koperasi aktif sebanyak 131 koperasi dari 191 koperasi yang ada," tambahnya.

Menyinggung soal bantuan peralatan kepada pelaku UKM, khususnya pada program prioritas/gratis Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Ia pun mengemukakan bahwa pada Tahun 2018 terjadi peningkatan pada tahun sebelumnya. Sebanyak 317 unit/paket peralatan, dibandingkan pada Tahun 2017 sebanyak 217 unit/paket peralatan atau meningkat 170,5 persen.

Selain Kadis Perindagkop dan UKM, Drs. Hizbullah Kamaruddin, turut hadir pula dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Selayar, Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., Sekretaris Daerah Selayar, Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si., Kadis PMPTSPTK, Mesdiono, Kadis Pertanian dan Perkebunan, Ir. Ismail, Asisten Ekbangkesra, Ir. H. Arfang Arif, Administrasi, Drs. Dahlul Malik, M.H., Kepala Bappelitbangda, Drs. H. Basok Lewa, Kabag Humas dan Protokol, Rahmania, dan perwakilan media Cetak dan Online. (**).
loading...