Keren, Gunakan Lahan Bekas Tambang Galian C Menjadi Lahan Produktif

0 Viewers
Share:


TAKALAR, MI - Bekas tambang galian C yang berada di Desa Lassang, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar kini disulap menjadi lebih produktif ditangan pengelola izin ANNEKE DARMAYANTI.

Bukan tanpa alasan, Bapak dari 3 anak itu menginginkan peningkatan pangan untuk kesejahteraan warga sekitar.  Pemanfaatan lahan ini menjadi fokus untuk meningkatkan produksi pertanian. 

Kepada awak media lelaki jangkung yang akrab disapa Ince Dg Gassing ini menjelaskan bahwa, "Selama ini jika ada tambng yang selesai beroperasi maka ditinggalkan begitu saja. Hal ini tentu sangat disayangkan, tanah yang subur itu tidak dapat diproduktifkan," ucap Ince, Sabtu (11/5).

Karena hal ini, lanjut Ince, saya berinisiatif untuk memanfaatkan lahan bekas galian tambang untuk lebih produktif. 

"Awalnya lahan dikelola untuk sawah tadah hujan namun ditanami lagi sayuran dan kacang-kacangan pada bagian lahan yang lain. Ini tentunya sebuah inovasi peningkatan pangan untuk dapat dinikmati warga sekitar," tambahnya.

Selama ini aktifitas lahan hanya memanfaatkan lahan tadah hujan namun kami telah membuat aliran air menggunakan mesin pompa air guna kualitas hasil pertanian di lahan ini. Dan Alhamdulillah sejauh ini, aparat Desa dan warga sekitar juga mendukun produktifitas ini, tambahnya

Selain sayuran, lahan yang kurang lebih 16 hektar ini telah dimanfaatkan untuk cetak sawah dan tambak ikan. (SAU).
loading...