KNKT Monitoring 2 Pelabuhan di Kabupaten Kepulauan Selayar Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2019

0 Viewers
Share:


SELAYAR, MI - Dalam rangka persiapan angkutan lebaran Tahun 2019, Tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan peninjauan dan monitoring ke Pelabuhan Pamatata dan Pelabuhan Pattumbukan Selayar, Kamis 9 Mei 2019 kemarin. Tim ini dipimpin langsung oleh Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono.

Dalam monitoring tersebut, tim KNKT sekaligus memastikan bahwa apa yang terjadi pada kasus karamnya KM Lestari Maju beberapa waktu lalu tidak terulang pada 4 armada penyeberangan ASDP, yaitu KMP Bontoharu, Kormomolin, Balibo, dan Sangke Palangga. Diketahui 4 armada ASDP tersebut akan melayani angkutan lebaran/mudik lintas Bira-Pamatata dan Kepulauan.

Demikian keterangan Kadis Perhubungan Kepulauan Selayar Andi Baso, S.H., M.H., melalui sambungan selular, Jumat (10/5/2019) malam.

Kadishub mengatakan hasil monitoring secara umum tidak ada masalah, baik di kapal maupun di pelabuhan telah banyak mengakomodasi rekomendasi dari KNKT. 

“Hasil monitoring KNKT, pada prinsipnya 4 armada kapal penyeberangan ini semuanya laik pakai,” jelas Kadishub.

Dikutip dari laporan tim KNKT kepada Dirjen Perhubungan bahwa pencatatan manifest oleh ASDP dan petugas UPTD dinyatakan sudah oke, termasuk nahkoda sudah menyertakan copy berita cuaca yang ditandatangani capten sebagai persyaratan SPB.

Meski demikian sejumlah rekomendasi dari Kadis Perhubungan Kepulauan Selayar, khususnya untuk di Pelabuhan Bira yaitu sebelum masuk arus mudik lebaran segera dilakukan pelebaran alur masuk kolam sesuai lebar dan letak bui merah, termasuk perbaikan hydraulics bocor pada Pelabuhan Bira. (**).
loading...