Pemda Selayar Kembali Hadirkan Mudik Gratis 2019

0 Viewers
Share:


SELAYAR, MI - Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., memimpin Rapat Persiapan Mudik Lebaran di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (8/5/2019). 

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Selayar dan stakeholder terkait. 

Dalam rapat tersebut, Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H. mengajak peserta rapat untuk menyukseskan budaya mudik lebaran. 

"Rapat hari ini dengan mengungkap pengalaman masa lalu (tragedi Kapal Lestari Maju) sebagai rona untuk masa depan. Usulan dari partisipan rapat luar biasa dan itu semua untuk menyempurnakan konsep dalam rangka mengantisipasi mudik lebaran dengan baik yang filosofinya adalah aman, lancar, tertib, dan nyaman. Apa yang dibicarakan hari ini adalah konsep yang akan dituangkan dalam Keputusan Bupati yang menjelaskan semua tugas pokok dan fungsi masing-masing dan pemikiran terbaik sudah disampaikan tadi sehingga mudah-mudahan nanti pada saatnya paling tidak kita bisa meminimalisir bahkan zero keluhan tentang keluhan masa lalu," terang Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Baso, S.H., M.H., menyampaikan dalam laporannya bahwa persiapan angkutan laut dan darat sudah dimulai dari sekarang. Mobil WC umum dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan tetap akan standby seperti tahun lalu. Posko bersama dan call center akan dimaksimalkan. Polres, Kodim, Basarnas, para donatur, RSUD, Organda, POL PP dan Damkar, Dinas PU, Navigasi, Damri, dan Syahbandar juga sudah siap mendukung kelancaran arus mudik Tahun 2019. Tidak ketinggalan sponsor BRI, Bank Sulselbar, BNI, Bank Mandiri, Pegadaian, Pelindo, dan BPJS juga telah hampir 100% menyetor dana bantuannya. 

Di tempat yang sama General Manager ASDP Cabang Selayar, Partogi Tamba, mengemukakan bahwa kondisi kapal saat ini laik laut. Dan nantinya mulai H-14 atau H-7 sampai H+7 (menunggu keputusan berikutnya) akan ada 3 kategori. 

"Pertama kategori normal dengan 4 trip setiap hari yang dilayani 2 kapal yaitu Bontoharu dan Kormomolin. Kedua kategori padat dengan 8 trip dengan tetap dilayani 2 kapal yaitu Bontoharu dan Kormomolin. Dan ketiga adalah kategori sangat padat dengan trip tidak berjadwal lagi dengan melihat antrian penumpang yang dilayani 4 kapal yaitu Bontoharu, Kormomolin, Sangke Pallangga, dan Balibo. Saat ini sebenarnya sudah ada jadwal. Namun nanti setelah ada keputusan akhir hasil pertimbangan matang, baru akan dishare ke publik," ujar Partogi Tamba. 

Lebih lanjut Partogi Tamba menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi muatan yang berlebihan di atas kapal, nantinya akan ada 3 portal yang dilewati penumpang dengan menyesuaikan kuota penumpang untuk kapal ditiap tripnya.

Sekadar informasi, Launching Mudik Gratis nantinya Tanggal 29 Mei di Kantor Pegadaian Kota Makassar dan pihak sponsor telah menyiapkan makanan ringan, makanan berat, t-shirt, dan souvenir. (**).
loading...