BID Selayar Tahun 2019 Sukses dan Meriah !

0 Viewers
Share:


SELAYAR, MI - Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2019 yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., berlangsung sukses dan meriah yang digelar hari ini, Kamis (25/7) di Gedung Ruang Pola Kantor Bupati Selayar.

BID ini dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana Inovasi Desa yang dipilih dari Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Selayar.

Tim Pelaksana Inovasi Desa merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI) sebagai media belajar bagi desa untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan desa.


Wabup Kepulauan Selayar dalam sambutannya mengajak suluruh kepala desa dan intansi terkait untuk mencegah stunting karena desa merupakan primadona yang senang tiasa dibagun dari pinggiran desa yang merupakan program Bapak Jokowi.

"Intinya bahwa Bursa Inovasi Desa ini terdiri dari tiga dimensi yakni, infrastruktur, SDM, dan Kewirausahaan. Semoga denga tiga di mensi ini bisa kita ciptakan ide dan inovasi untuk tahun mendatang," ungkap Wabup.

Kepala desa diharapkan untuk dapat mereplikasi atau meniru praktek cerdas/inovasi yang ditampilkan dalam Bursa Inovasi Desa ini sesuai dengan kondisi dan potensi desa masing-masing.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Rais Rahman, S.STP., MM., menyampaikan permohonan maafnya karena Kadis Provinsi tidak sempat hadir karena ada kegiatan diluar daerah. "Dalam bursa inovasi tahun ini kita di mandatkan untuk pencegahan stunting dan kita berfokus pencegahan".

"Semoga tahun 2020 stunting di Kepulauan Selayar menurung karena saat ini selayar masih pringkat keempat di Sulawesi Selatan," tutur Rais Rahman.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan di hadapan Wakil Bupati perminta maaf karena kegiatan program TPID ini akan berakhir tahun 2020 dan kementrian desa juga telah memberikan sumbangsi yang banyak kapada desa di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panitia, Irwan Baso menyampaikan bahwa kegiatan bursa inovasi ini sumber dari dana operasional DOK  kemudian disisihkan untuk kegiatan Bursa Inovasi Desa tahun 2019

"Kegiatan bursa inovasi ini sumber dari dana operasional DOK  kemudian disisihkan untuk kegiatan Bursa Inovasi Desa," beber Irwan Baso saat menyampaikan laporan panitia.

Turut hadir Kepala Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan yang di wakili Rais Rahman, S.STP, MM, Para pimpinan muspida Kabupaten Selayar, Staf ahli Bupati dan Kabag umum Setda Selayar, Pihak Polres Selayar, Pihak Personil Dandim 1415/Selayar, Para Camat se-Kabupaten Selayar, para Kepala Desa dan Ketua BPD se-Kabupaten Selayar serta pendamping Desa dan Tokoh Masyarakat yang sempat hadir. (HT).
loading...