Diduga Pungli, PERAK Telusuri Siswa Siluman di SMPN 6 Makassar

0 Viewers
Share:


MAKASSAR,  MI -- Miris, PPDB Online baru saja berakhir tahapannya. Kembali LSM PERAK Sulawesi Selatan menemukan keganjilan soal PPDB yang dilaksanakan SMP Negeri 6 Makassar yang beralamat di Jalan Ahmad Yani No. 25 Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar.

Adiarsa MJ selaku Ketua LSM PERAK Sulsel mengatakan, ada dugaan pemufakatan jahat yang dilakukan oleh panitia PPDB di sekolah tersebut. 

"Dugaan itu diperkuat dengan adanya nama-nama siswa baru yang mendaftar melalui jalur zonasi utama dengan jarak tidak kurang dari 100 Meter dari sekolah ke rumah," ungkapnya, Kamis (25/7/19).

Menurutnya, di Sekolah tersebut dikelilingi perkantoran dan gedung gedung mewah, tidak ada rumah warga disana selain rumah dinas kepolisian di Jl Balaikota. 

"Kami ada pengaduan yang masuk, jika kartu keluarga (KK) yang dipakai mendaftar diduga palsu. Ini yang kami lagi telusuri," bebernya. 

Lanjut Adiarsa, data yang dihimpunnya hampir puluhan siswa yang bermukim di seputaran sekolah tersebut, saat di kroscek asal SD mereka ternyata ada bermukim di wilayah Kecamatan Bontoala malah masuk jalur zonasi sehingga pihaknya merasa ada kejanggalan.

Dalam waktu dekat ini, pihak LSM PERAK akan menyurati Kepala SMPN 6 Makassar untuk mencocokkan data sekolah dengan data yang diperoleh tim investigasi LSM PERAK. 

"Jika ada indikasi pungli dalam hasil penulusuran kami, sudah pasti kami laporkan ke penegak hukum," terang Adiarsa. 

Sementara itu, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Makassar, Munir yang dikonfirmasi via telepon seluler mempersilahkan LSM PERAK untuk mengkroscek data-data siswa baru yang lolos hasil PPDB Online di SMP Negeri 6 Makassar.

"Silahkan bertemu Pak Muhlis boleh dilihat data dan berkasnya asal jangan diambil," katanya beberapa waktu lalu. 
(*)
loading...