Kawal DAU Desa, Asisten Ekbangkes Lunching Sistem Informasi "Kakanda"

0 Viewers
Share:


SELAYAR, MI - Asisten Ekonomi Pembanguna dan Kesejahteraan (Ekbangkes), Ir. H. Arfang Arif launching Sistem Informasi Kecamatan Kendalikan Dana Desa (KAKANDA), di Aula Kantor Kecamatan Bontomanai, Selasa (2/7). 

Sistem informasi ini merupakan proyek perubahan dari Asisten Pemerintahan Setda Kepulauan Selayar, Drs. Suardi yang coba diterapkan di kecamatan guna mengawal dan mengefektifkan DAU Desa yang ada. Demikian diungkapkan oleh Asisten Ekbangkes, Ir. H. Arfang Arif sesaat setelah melaunching program KAKANDA tersebut.

Menurut Arfang Arif, sistem informasi Kakanda ini sangat efektif untuk dijalankan, karena proyek pembangunan di desa mulai dari tahap perencanaan hingga pada tahap pelaksanaan sudah bisa terkontrol di kecamatan, terlebih program ini sudah memiliki peraturan Bupati. Olehnya itu Arfang Arif meminta dukungan penuh dari para camat dan kepala desa untuk menerapkan program tersebut.


“Untuk mengawal DAU desa agar bisa berjalan efektif, kita tidak  boleh membiarkan pak desa berjalan sendiri, kita tidak ingin para kepala desa terjebak masalah hukum. Mudah-mudahan dengan adanya sistem informasi Kakanda ini, pelaksanaan pembangunan di desa bisa berjalan dengan baik,” kata Arfang Arif.

Kendati demikian, Arfang Arif mengatakan bahwa tidak bisa dipungkiri untuk menjalankan program Kakanda ini dibutuhkan SDM yang handal. Sementara SDM di tingkat desa diakui masih sangat terbatas. Olehnya itu Arfang Arif mengimbau agar para operator desa dan kecamatan dapat lebih memahami tentang program sistem informasi Kakanda itu sendiri. 

Dalam launching sistem informasi Kakanda ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan, Drs. Suardi, Sekretaris PMD, unsur dari Bappelitbangda, Camat Bontomanai Zulfikri, para kepala desa dan ketua BPD dan operator se Kecamatan Bontomanai, serta undangan lainnya. (**).
loading...