Buka Sosialisasi Tentang Kearsipan, Ini Harapan Asisten Administrasi

0 Viewers
Share:


SELAYAR, MI - Kearsipan memegang peranan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, terutama  ketika penyelenggara pemerintahan dihadapkan pada suatu persoalan. Sementara persoalan itu telah berlalu dan berlangsung lama. Maka yang dilihat pertama kali adalah arsip dari berbagai proses dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Demikian disampaikan oleh Asisten Administrasi Setda Kepulauan Selayar Drs. Dahlul Malik, M.H., saat membuka sosialisasi/penyuluhan kearsipan Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2019 di Aula Kantor Kecamatan Benteng, Kamis (26/9/2019).

"Arsip yang tertib, baik dan tersusun dengan rapi tentu akan memudahkan kita dalam melihat dan meninjau kembali pekerjaan dan dokumen yang telah kita lakukan," kata Dahlul Malik.

Oleh sebab itu kata Dahlul Malik, arsip merupakan dokumen penting yang harus dijaga, karena merupakan arsip yang suatu saat akan dipergunakan. Dalam adminstrasi perkantoran, peranan arsip merupakan sumber informasi, pusat ingatan atau pengingat dan bahan bukti pertanggungjawaban terhadap generasi mendatang.

"Untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan, tentang pengelolaan arsip dengan peraturan yang telah berlaku di dalam UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan, maka kegiatan sosialisasi/penyuluhan ini sangat penting artinya bagi pemerintah daerah untuk menyeragamkan tata kearsipan yang dinamis di setiap unit kerja serta meningkatkan tertib administrasi dalam menunjang tugas-tugas pemerintahan," ucapnya.

Asisten Administrasi menyambut baik sosialisasi tersebut  bagi para pelaku kearsipan, dengan harapan dapat menambah pengetahuan tentang pengelolaan kearsipan.

Sementara peserta sosialisasi itu adalah para pelaku kearsipan dari lingkungan instansi pemerintah dan swasta. Hadir sebagai Narasumber Abdul Hadi, S. Sos, M.M. Kasubag Program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Sulsel. (IM).
loading...