Gubernur Jatim Antusias Sambut Peserta Jambore Tagana di Gedung Negara Grahadi Surabaya

0 Viewers
Share:


SURABAYA, MI - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyambut antusias kedatangan peserta Jambore Tagana 2019 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (25/9).

Dalam sambutannya Khofifah menyampaikan rasa bangga dan terimakasih Jatim menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan Jambore Nasional TAGANA tahun 2019. Kegiatan ini berlangsung di tiga titik di Kabupaten Pasuruan, yakni di Graha Wilwatikta Kecamatan Pandaan, Danau Ranu Grati Kecamatan Grati, dan Lautan Pasir Taman Nasional Gunung Bromo.

"Selama sepekan ini Jawa Timur akan menjadi tuan rumah bagi hadirnya 350 personel Tagana dari 34 provinsi, perwakilan Pengurus Kampung Siaga Bencana (KSB) se-Jawa Timur, relawan-relawan kemanusiaan, delegasi negara-negara ASEAN, dan tentu saja 1.600 Tagana Jawa Timur," terang Khofifah.


Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat menyampaikan, "suatu kebanggaan tersendiri bagi kami (Kemsos.red) dan perwakilan Tagana seluruh Indonesia dapat disambut dengan baik dan meriah oleh Ibu Gubernur dan seluruh masyarakat Jawa Timur.

"Selama kurang lebih 4 (empat) hari kedepan, 340 perwakilan Tagana dari seluruh provinsi di Indonesia melakukan konsolidasi, tukar informasi sekaligus peningkatan kapasitas melalui kegiatan jambore, bakti sosial, santiaaji, dengan puncak acara yaitu apel siaga bencana yang  akan diselenggarakan di Lautan Pasir Gunung Bromo Probolinggo," tambah Harry.

Harry juga menambahkan, jumlah Tagana yang akan hadir di kegiatan kita ini adalah 340 orang Tagana Kontingen seluruh Indonesia, 1.600 Tagana Provinsi Jawa Timur, dan peserta tambahan ±1.000 orang Tagana supporter yang dibiayai oleh anggaran daerah masing-masing, serta biaya pribadi dari anggota Tagana.

"Inilah bukti nyata loyalitas dan pengabdian Tagana Indonesia," ungkap Harry.

Selain itu, Harry menjelaskan acara Jambore dan Bakti Sosial Tagana Tingkat Nasional Tahun 2019 ini juga diikuti oleh delegasi dari negara Malaysia, Myanmar, dan Brunei Darussalam untuk berbagi pengalaman dalam penanggulangan bencana.

Untuk diketahui Jambore dan Baksos Tagana Nasional 2019 yang akan dilaksanakan selama 4 (empat) kedepan, 25–28 September 2019,  merupakan kerja sama antara Kementerian Sosial dengan Pemerintah Provinsi Jatim.

Tagana merupakan relawan kemanusiaan berbasis masyarakat yang berada di bawah koordinasi Kementerian Sosial. Sejak berdiri tahun 2004, Tagana telah menjadi bagian penting dalam penanggulangan bencana di Indonesia. (**/Red).
loading...