Latsat CPNS, Bupati Selayar : Salah Satu Tantangan PNS Kedepan Adalah Penguasaan Skill

0 Viewers
Share:


SELAYAR, MI - Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali (MBA) mengambil Sumpah PNS dan Membuka Pelatihan Dasar Calon Pengawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar - Benteng, Senin (30/9) Pagi.

Pengambilan Sumpah PNS dan Penyematan Tanda Peserta Pelatihan Dasar CPNS di pimpin langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar, didampingi Sekretaris Daerah, Kepala BKPPD dan disaksikan rohaniawan dan seluruh undangan yang hadir.

Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kepulauan Selayar, Hj. Andi Jerniati, S.Ip, M.H., dalam laporannya menyampaikan,  sebanyak 245 CPNS yang akan mengikuti Latsar CPNS, dan 83 PNS yang mengikuti pengambilan sumpah.


Sementara itu MBA mengawali sambutannya mengungkapkan bahwa mulai Tahun 2016 sampai 2019 Pemda Selayar telah berhasil mengangkat PNS dan CPNS sebanyak 391 Orang. Dan Tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar kembali akan melaksankan penerimaan CPNS.

Lanjut MBA, Pegawai Negeri Sipil adalah sebagai unsur utama sumber daya manusia ASN memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

"Salah satu tantangan PNS kedepan adalah penguasaan skill yang sesuai dengan perkembangan teknologi dimana transpormasi digital yang bergerak cepat mencakup semua aspek bisnis dan pemerintahan serta layanan masyarakat, sehingga diperlukan PNS yang tangguh dan mau bekerja keras dan inovatif," katanya.

Bupati berharap pelaksaan Pelatihan Dasar CPNS ini akan melahirkan generasi PNS milenial di OPDnya masing-masing untuk menjadi pelayanan masyarakat yang mengedepankan kepentingan rakyat, bangsa dan negara diatas kepentingan lain dengan mengedepankan kecerdesan emosi, komunikasi efektif, serta pemberdayaan tim dalam mewujudkan pelayanan prima.

Selain itu, kata Bupati bahwa setiap CPNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah dan janji sesuai dengan ketentuan hal ini bertujuan untuk membina dan menciptakan PNS yang bersih, jujur dan berwibawa serta sadar akan tugas pokoknya.

Mengakhiri sambutannya Bupati mengajak dan mengimbau kepada seluruh ASN untuk berperan aktif dalam mempromosikan Kabupaten Kepulauan Selayar, khususnya terkait keindahan pariwisata daerah, baik secara langsung maupun melalui akun media sosial sosial masing-masing, harus ada kebersamaan untuk membangun dan mempromosikan daerah keluar.

Usai Pembukaan Pengambilan Sumpah PNS dan Pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pengawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) acara kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi Ketaspenan serta Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi ASN oleh PT. Taspen (Persero) Makassar dan BRI Cabang Benteng. (IC).
loading...