LSM REKAP : Sertifikat Manajemen Air Minum Syarat Mutlak Direktur PDAM

0 Viewers
Share:


TAKALAR, MI - Sehubungan dibukanya pendaftaran Calon Direktur Utama PDAM Kabupaten Takalar, Dirktur Lembaga Riset dan Kajian Publik (LSM REKAP) Zainuddin Nakku  berharap kepada Panitia Seleksi (Pansel) agar tidak meloloskan Calon yang tidak memiliki Sertifikat Manajemen Air  Minum.

Menurut Zainuddin Nakku, Sertifikat Manajemen Air Minum adalah syarat mutlak untuk menduduki jabatan sebagai Direktur PDAM /Pimpinan PDAM Takalar. Saat ini sudah ada 8 orang pendaftar Calon Dirut PDAM, namun diyakininya tidak semua pendaftar Calon Dirut PDAM memiliki sertifikat Manajemen Air Minum.

"Panitia seleksi Calon Dirut PDAM harus profesional dan jangan meloloskan calon yang tidak memiliki Sertifikat Manajemen Air Minum. Karna Sertifikat Manajemen Air Minum adalah Syarat mutlak yang harus dipenuhi, sebap itu adalah peraturan yang tertuang dalam Peraturan Menteri PUPR Nomor 10/PRT/M/2016 tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Pengelolaan SPAM", kata Zainuddin Nakku.

Ditambahkannya lagi, aturan ini mengamanahkan, dalam dua tahun ke depan sejak ditandatangani, semua pihak yang terkait dengan pengelola SPAM baik BUMN/BUMD, badana usaha untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun badan usaha swasta yang melakukan kerja sama dengan BUMN/BUMD penyelenggara SPAM, diwajibkan memiliki Sertifikasi Kompetensi.

Sertifikasi Kompetensi diwajibkan bagi mereka yang terlibat di dalam institusi pengelola SPAM, mulai direksi/ pimpinan PDAM, hingga tenaga kerja yang menangani unit air baku, produksi, distribusi, penurunan kehilangan air, pelayanan pelanggan, organisasi dan tata kelola, serta administrasi umum.

“Saya menilai Permen ini bagus karena menyangkut peningkatan hasil kerja dan layanan kepada masyarakat pelanggan. Ke depan, para pelaksana SPAM dituntut orang-orang yang kompeten yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi,” Kunci Zainuddin. (Sau).
loading...