Asisten Administrasi Pimpinan Rakor, Bahas Rute Pelayaran Kapal Gandha Nusantara 15

0 Viewers
Share:


SELAYAR, MI - Asisten Administrasi Setda Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Dahlul Malik, M.H., memimpin rapat pembahasan rute pelayaran kapal Rede Gandha Nusantara 15 di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (30/10/2019).

Kapal Rede Gandha Nusantara 15 merupakan bantuan Kementerian Perhubungan dan dioperasionalkan oleh PT. Pelni (Persero) yang sudah tiba di Kabupaten Kepulauan Selayar sejak Ahad, (27/10/2019).

Dikonfirmasi langsung, kapal Rede Gandha Nusantara 15 dinahkodai oleh Kasma, wanita kelahiran Kabupaten Pinrang Tahun 1988. Kapal ini mampu menampung penumpang 56-80 seat.

 Asisten Administrasi mengatakan
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas  Perhubungan  selalu memberikan gebrakan positif untuk masyarakat.

"Saya kira ini adalah bagian dari upaya pemerintah daerah dalam rangka memeratakan kunjungan pariwisata terutama pada objek-objek pariwisata, lebih khusus lagi di Takabonerate yang selama ini terkendala masalah transportasi, kehadiran kapal ini sudah menjawab kendala tersebut," kata Dahlul Malik.

"Selain kepentingan pariwisata,  juga akan mengakomodir untuk masyarakat umum. Dan ini akan kita evaluasi secara terus menerus," terangnya.

Ia menilai kinerja Dinas Perhubungan sudah sangat luar biasa, pertanda bahwa Bupati melalui Dinas Perhubungan akan meningkatkan daya dukung terhadap pengembangan pariwisata melalui infrastruktur. 

Kepada media ini, Kadishub Kepulauan Selayar Andi Baso, S.H., M.H., mengatakan bahwa Rute Gandha Nusantara 15 sudah disepakati dengan rute Pattumbukan-Rajuni. Antara lain itu adalah dukungan kepada OPD yang menunjang pariwisata. Rute itu diusulkan ke PT. Pelni selanjutnya ke Dirjen Perhubungan untuk ditetapkan. Soal tarif masih akan dibicarakan kemudian.

Untuk menjawab keluhan masyarakat, Kadishub membeberkan bahwa tahun ini akan ada tambahan kapal lagi, yaitu Kapal Banawa Nusantara yang tahap pengerjaannya sudah hampir rampung.

"Kami tak henti-hentinya melakukan lobi ke Pemprov hingga ke Kementerian Perhubungan. Sudah bermacam-macam usaha yang kami lakukan untuk meningkatkan pelayanan transportasi baik di darat maupun di laut," ujar Kadishub. (IM).
loading...