Danramil 08/PB Hadiri Pemusnahan Komoditas Pertanian Media Pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina

0 Viewers
Share:


ASAHAN, MI - Komandan Koramil 08/Pulau Buaya Kapten Arm Viktor Hutagaol jajaran Kodim 0208/Asahan turut serta menghadiri acara Pemusnahan Komoditas Pertanian Media Pembawa Hama Penyakit  Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) yang dilaksanakan bertempat di Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Tanjung Balai Asahan Batu-9 Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan, Selasa (22/10/2019).

Dalam acara tersebut turut serta dihadiri oleh, Ka Karantina Tumbuhan dan Hewan Bapak dr h. Bukhari, Ka Bea Cukai Tanjung Balai Bapak I Wayan Sapta Darma, KPPP Aiptu Sapruddin, Kapolsek Pulau Buaya AKP Raymond Hutagalung, Mewakili Kapolsek Simpang Empat, Danramil 11/Simpang Empat serta Kadis Pertanian Kota Tanjung Balai.

Komoditas Pertanian Media Pembawa Hama Penyakit  Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) ini dimusnahkan karena tidak dilengkapi surat kesehatan dari negara asal, pemilik HPHK/OPTK tidak melaporkannya kepada petugas karantina, atau HPHK/OPTK telah rusak/busuk, dan tidak layak dikonsumsi.


Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di drum pemusnahan yang telah dibuat. Setelah pembakaran selesai selanjutnya dikubur dalam lubang serta ditutup kembali. Pemusnahan ini dilakukan dengan tujuan menghindari beredarnya hama penyakit atau virus yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang dibawa masuk ke wilayah Indonesia khususnya di Daerah Asahan dan Tanjung Balai. (BD/Red).
loading...