Forum Keserasian Sosial Desa Kaburu Gelar Dialog Tematik

0 Viewers
Share:


SELAYAR, MI - Forum Keserasian Sosial (FKS) Desa Kaburu, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar dialog tematik dengan tema "Bersama Masyarakat Kita Wujudkan Persatuan dan Kesatuan dengan Bergotong Royong Membangun Desa", bertempat di Baruga Kantor Desa Kaburu, Kamis (10/10).

Kegiatan dialog ini menghadirkan pemateri dari unsur Kodim 1415 dan Polres Kepulauan Selayar, serta Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar dan diikuti oleh sejumlah elemen dan berbagai lapisan masyarakat yang ada di Desa Kaburu.

Hadir mewakili Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Ananda dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa program dan kegiatan keserasian sosial diawali dengan saresehan atau dialog  dimaksudkan untuk membangun kembali budaya gotong royong sehingga tercipta keserasian sosial.


Diharapkan setelah kegiatan pembangunan melalui program keserasian sosial ini selesai masyarakat dapat menjaga dan merawat fasilitas yang ada sekaligus fasilitas tersebut menjadi sarana pemersatu bagi masyarakat di Desa Kaburu dan sekitarnya, Jelas Ananda.

Senada dengan itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar, Patta Amir,  menyebut Program Keserasian Sosial merupakan program Kementerian Sosial RI dalam penanganan masalah konflik sosial yang bertujuan untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan sosial yang harmonis dilandasi kebersamaan.

"Tujuan mendasar dari Program Keserasian sosial ini pada prinsipnya bagaimana kita mencegah terjadinya konflik sosial serta menjaga keharmonisan ditengah-tengah masyarakat" ujarnya.

Semntara itu Kepala Seksi PKBS Dinsos Kepulauan Selayar, Andi Sandra Esty Abriany, SE, pada kesempatannya selaku pejabat pelaksana teknis kegiatan ini menjelaskan bahwa Program Keserasian Sosial untuk Desa Kaburu   sasarannya adalah Pembangunan Sarana dan Prasarana Air Bersih.

Anggaran dari program ini sebanyak 150 juta dan pengelolaannya murni ditangani langsung oleh Forum Keserasian Sosial Desa Kaburu, tanpa campur tangan dari Dinas Sosial sedikit pun, jelasnya.

Kepala Desa Kaburu, Muh. Saing,  mengucap syukur dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Sosial, Bupati, Dinas Sosial Kabupaten dan Provinsi, sehingga masyarakat Desa Kaburu juga bisa merasakan manfaat dari Program Keserasian Sosial Kementerian Republik Indonesia.

"Alhamdulillah terima kasih kami untuk Kemensos RI, Dinsos Provinsi Sulawesi Selatan, Dinsos Kabupaten Kepulauan Selayar serta terkhusus buat Bapak Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, yang telah merekomendasikan Desa kami untuk berkesempatan merasakan manfaat dari Program Keserasian Sosial ini” ucap Kades Kaburu.

Usai pelaksanaan dialog, Kades Kaburu didampingi Ketua FKS Desa Kaburu, Roby Darwis dan Pendamping FKS Desa Kaburu, Rusdi Ladino mengajak para undangan untuk bersama-sama melakukan kunjungan ke lokasi Pembangunan Sarana dan Prasaran Air Bersih. (Ic/Red).
loading...