Mobil Pintar Satgas Yonif 411/PDW, Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda di Perbatasan RI-PNG

0 Viewers
Share:


JAKARTA, MI - Guna membangkitkan minat baca pelajar di perbatasan RI-PNG, Yonif MR 411/PDW menghadirkan 'Mobil Pintar Perpustakaan Keliling' yang mendatangi sekolah di wilayah Distrik Arso, Kabupaten Merauke.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif MR 411/PDW, Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (19/10/2019).

Dikatakan Rizky, mobil pintar berupa perpustakaan keliling merupakan salah satu satu program teritorial yang diwujudkan Satgas, dalam rangka memajukan pendidikan di wilayah perbatasan RI-PNG.


"Tujuannya untuk membangkitkan minat baca para pelajar, selain itu juga membantu pemerintah dalam memberantas buta huruf," ujarnya.

“Berbagai cara kita lakukan untuk memacu mereka berprestasi, seperti bimbingan pelajaran tambahan yang sudah terealisasikan beberapa waktu lalu. Bagi kami (Satgas) ilmu pengetahuan sangat penting dan tidak ada kata terlambat untuk belajar,” pungkas Mayor Inf Rizky.

Sementara itu, Danpos Kondo Letda Inf Ulivo Dicky Pambudi mengatakan, dengan adanya mobil pintar, mobilitas menjadi sangat efektif, dimana dalam satu harinya dapat menjangkau dua sekolah.

"Salah satunya ialah SD Inpres Kampung Kondo yang disambangi Mobil Pintar Satgas, sengaja kita datangkan untuk membangun minat baca serta memperluas pengetahuan pelajar," ujarnya.

"Selain itu, saat berkunjung ke sekolahan kita memberikan bantuan secara simbolis berupa buku bacaan sebanyak 30 buku kepada pihak sekolah," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, saat mendatangi sekolah-sekolah, kehadirannya disambut antusias oleh para siswa dan guru. Hal ini dikarenakan baru pertama kalinya perpustakaan keliling hadir disekolah yang berada didaerah pedalaman tersebut.

Terpisah, mewakili Kepala Sekolah SD Inpres Kampung Kondo, Bertila Yemima Gelambu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW yang telah jauh-jauh datang ke sekolah yang berada di pedalaman.

"Terima kasih bapak-bapak TNI, semoga kehadiran 'Mobil Pintar Perpustakaan Keliling' ini, bisa singgah lagi kesekolahan kami," terangnya.

"Senang rasanya melihat siswa-siswi kami bersemangat dan antusias dalam membaca buku, dan ini adalah kali pertama, tentunya ini pengalaman baru bagi pelajar untuk meningkatkan semangat meraih prestasi," tandasnya. (BD/Red).
loading...