Jaga Kemanunggalan, Kodim 0209/Labuhan Batu Laksanakan Kegiatan Binter Terpadu

0 Viewers
Share:


LABUHAN BATU, MI - Untuk memaksimalkan pelaksanaan dan pencapaian hasil yang dilaksanakan maka dalam setiap pelaksanaan pembinaan teritorial, Kodim 0209/Labuhan selalu mengupayakan keterlibatan masyarakat mulai dari tahap perencaan sampai dengan pelaksaan dengan memanfaatkan forum komunikasi yang ada di masyarakat, pada pelaksanaan Binter Terpadu dengan mengusung tema "Memberdayakan wilayah pertahanan melalui kegiatan Binter Terpadu guna memantapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh", bertempat di Lapangan Bola Kaki Kodim 0209/Labuhan Batu Jln Abdul Azis Kel. Padang Matinggi Kec. Rantau Utara Kab. Labuhan Batu, Rabu (06/11/2019).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antaralain, Letkol Inf Sutan Lubis (Kasiterrem 022/PT) mewakili Danrem 022/PT, Letkol Inf Santoso (Dandim 0209/LB), AKBP Agus Darojat, SH, SIK, MH (Kapolres Labuhanbatu), Sdri Zuraidah Harahap (Wakil ketua DPRD Labuhanbatu), Sdr. H. Nasrullah (Asisten I Pemerintahan mewakili Bupati Labuhanbatu), Sdr. Endar Bakti Hasibuan (Asisten I Pemerintahan Mewakili Bupati Labura), Mayor Inf Ertiko Cholifa, S.H, S.Pd (Kasdim 0209/LB), Mayor Inf Husni (Kakanminved Rantau prapat), Sdr. Sujian/Acan (Ketua Etnis Tionghoa Labuhanbatu), Sdr. Hamzah (Ketua KNPI Labuhanbatu), Sdr Aswin (Ketua Karang Taruna Labuhanbatu), Sdri Hj. Ratna Sari Dewi Nasrullah (Ketua Pokja I TP PKK Labuhanbatu) Mewakili Ketua TP PKK Labuhanbatu, Para Perwira jajaran Dim 0209/LB, Kapten Cpm Sarwo Edi (Dansubdenpom Rantauprapat), Para OPD Labuhanbatu Raya, Para Camat se-Labuhanbatu, Para Tomas, Toda, Toga dan Ormas se-Labuhanbatu, Para Penerima Kursi Roda, Para Penerima Tali Asih, Para peserta Bazaar Murah, Para Pendukung Acara Kegiatan Binter Terpadu, Para Pelajar tingkat SMA se-Kec. Rantau Utara, Para Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0209/LB.


Dalam kesempatan tersebut Dandim 0209/LB dalam kata sambutannya mengungkapkan dalam pertahanan semesta yang digunakan bangsa Indonesia, TNI merupakan komponen utama pertahanan untuk mensinergitaskan seluruh komponen pertahanan di Daerah. Didalam bingkai NKRI terdapat berbagai bentuk ras, suku, bahasa, agama dan kondisi wilayah yang berbeda, tentunya tingkat kerawanan perpecahan dengan adanya perbedaan ini sebagai pemicu perpecahan didalam bingkai NKRI baik itu pengaruh dari Luar Negeri maupun dalam negari, disini TNI membangun kemanunggalan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan komponen bangsa.

Lebih lanjut Dandim mengatakan Kepada Tim Wasev Binter Terpadu dapat kami sampaikan bahwa terselenggaranya kegiatan ini merupakan sinergi antara unsur pemda se-Labuhanbatu Raya serta beberapa pihak lain khususnya masyarakat Labuhanbatu Raya, ungkapnya.

Ustad Ali Azhar Samosir perwakilan tokoh masyarakat Labuhanbatu mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada TNI khususnya Kodim 0209/Labuhan Batu yang selalu memberikan bantuan kepada masyarakat Labuhanbatu. Bersama Rakyat TNI kuat dan bersama TNI, Polri dan Rakyat akan selalu solid menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa.


Pada Sambutan Danrem 022/PT yang dibacakan oleh Kasiter Rem 022/PT Letkol Inf Sutan Lubis mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Pembinaan Teritorial TNI AD, yang bertujuan untuk membangun soliditas yang kokoh antara sesama prajurit dengan Pemda dan komponen masyarakat lainnya.

Kegiatan Binter Terpadu yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0209/LB ini di isi dengan berbagai kegiatan, berupa sosialisasi Wasbang kepada Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, TNI/Polri, dan Pelajar SMA. Tidak hanya itu saja kegiatan ini juga dilanjutkan dengan rehabilitasi fasilitas umum diantaranya Rehab Rumah Ibadah, dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Kegiatan seperti ini, hendaknya menjadi agenda yang digelar secara teratur dan berkelanjutan, khususnya di wilayah Korem 022/PT sebagai bentuk kepedulian, perhatian dan tanggung jawab terhadap kondisi kehidupan masyarakat di wilayah Korem 022/PT.

Danrem juga berpesan kepada prajurit yang terlibat dalam kegiatan Binter Terpadu, agar selalu berkomunikasi baik dengan semua elemen masyarakat yang ada di wilayah. Bekerja membantu masyarakat adalah pekerjaan mulia bagi kita. Kerjakan dengan senang hati, kerja dengan keceriaan serta tulus dan iklas, tegas Danrem.

Selanjutnya kegiatan penampilan Flas Mob Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0209/LB, penampilan Tari Kreasi Melayu menjaga kearifan lokal oleh Siswa SMK Siti Banun, kemudian dilanjutkan penyerahan kursi roda kepada masyarakat penderita lumpuh yang kurang mampu, pemberian Tali Asih kepada perwakilan Kaum Dhuafa di sekitar Makodim 0209/LB, serta dilanjutkan peninjauan stand Bazaar Murah, Sunat Massal, Donor Darah, meninjau lokasi Rehab Kamar mandi Mesjid At Tawab di Kel. Perlayuan Kec.Rantau Utara Kab. Labuhanbatu dan meninjau RLTH Sdr. Muktar Nasution di Jln. Pindoan, Kel. Rantauprapat Kec. Rantau Utara, Kab. Labuhanbatu. (BD).
loading...