Jelang Hari Jadi ke 414 Selayar, FKS bersama Persakmi Gelar Selayar Half Day Seminar

0 Viewers
Share:


SELAYAR, MI - Forum Kabupaten Sehat (FKS) bersama perhimpunan Sarjana dan Profesi Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Kabupaten Kepulauan Selayar, melaksanakan Half Day Seminar, di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Sabtu (23/11/2019).

Selayar Half Day Seminar ini digelar dalam rangka Hari Jadi ke-414 Selayar dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2019, yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M. Si.

Sementara Narasumber yang dihadirkan adalah Prof. Dr. dr. Alimin Maidin, MPH., membawakan  topik pengembangan kawasan tanpa rokok, dan Prof. Dr. Amran Razak, SE., M.Sc., dengan topik jaminan kesehatan nasional dan BPJS.

Sekda Selayar Marjani Sultan mengemukakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan diantaranya telah terbukti sudah tiga kali berturut-turut meraih penghargaan Swastisaba Wistara melalui Forum Kabupaten Sehat Kepulauan Selayar. Pemerintah daerah juga kata Marjani telah berupaya melakukan peningkatan pelayanan promotif dan prefentif melalui gerakan masyarakat hidup sehat.


"Selain itu kita juga melakukan peningkatan penganekaragaman ketahanan pangan, peningkatan pelayanan medis, serta peningkatan aksesibilitas dan pelayanan kesehatan," kata Marjani Sultan.

Laporan Sekretaris FKS Muhammad Arsyad, MScPH menyebutkan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai media komunikasi, informasi dan edukasi upaya peningkatan pembangunan kesehatan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Selayar. Sementara tujuannya adalah meningkatnya pemahaman stakeholder tentang konsep pembangunan berwawasan kesehatan, upaya pengembangan kawasan tanpa rokok. Selain itu lanjut Muhammad Arsyad untuk meningkatkan pemahaman stakeholder tentang jaminan kesehatan nasional dan BPJS dengan segenap permasalahan dan upaya peningkatannya.

"Saya berharap sebelum seminar ini kita ingin akan lahir sebuah rekomendasi kebijakan untuk peningkatan pembangunan kesehatan di Kabupaten Kepulauan Selayar yang berbasis promotif dan prefektif, pencegahan dan promosi," ucapnya.

Hadir Ketua FKS Hj. Andi Dwiyanti Musrifah Basli bersama jajaran pengurus FKS, para pimpinan organisasi profesi kesehatan bersama  anggota serta undangan lainnya.

Sekadar diwartakan bahwa tema Selayar Half Day Seminar adalah Masyarakat Sehat, Masyarakat Sejahtera dan Unggul. (HU
loading...