Sosok Amor Membangun Desa di Warnai Pujian

0 Viewers
Share:



Pinrang, mitraindonesia.net - Desa Mattiro Tasi yang terletak dibagian pesisir pantai Kampung Ammani Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. 


Desa ini sebelumnya telah beberapa kali mengalami pergantian pemimpin dan kali ini, Desa Mattiro Tasi dipimpin Amor, sosok kepala desa yang tak kalah kemampuan dari Kapala Kepala Desa sebelumnya.

Amor dengan tekatnya serta gigih dalam melaksanakan program pembangunan pada setiap titik obyek yang memerlukan prioritas dan skala prioritas untuk dikedepankan hingga manfaatnya dapat dirasakan warga. 

Dalam setiap langkahnya, Amor senantiasa memperoleh dukungan dan kepercayaan dari semua komponen, elemen masyarakat serta perangkat desanya yang sedianya ikut bahu membahu dalam membangun semangat gotong royong sebagaimana Amor memang dikenal akrab dengan masyarakat sehingga tak sulit baginya saat mengeluarkan kebijakan sebab setiap kebijakannya yang senantiasa dinilai pro rakyat maka tak heran ketika Amor mudah mendapatkan bahan material bangunan yang banyak dijual pada warganya meski pembayaran akan dilakukan setelah dana dasa dicairkan.


Dalam menciptakan keadilan dan pemerataan pembangunan, Amor telah membagi anggaran pada 3 (Tiga) Dusun Masing-masing Dusun Ammani Selatan Dusun Ammani Utara dan Dusun Pappareang.

Terkhusus penanganan dan penanggulangan Covid 19, Kades Mattiro Tasi tampil sebagai garda terdepan bersama warga melakukan penyemprotan vaksin pencegahan penularan disemua titik hingga penutupan jalan untuk memeriksa setiap pengguna jalan yang keluar masuk dari desa lain dan melintas di desa Mattiro Tasi.


Selain itu, Amor juga telah menyelesaikan pembagiaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang alur dananya bersumber dari pengurangan volume anggaran fisik bangunan sebesar 30% yang dialihkan menjadi BLT-DD guna dibagikan kepada warga yang kurang mampu.

Dari hasil pemantauan Wartawan media ini, ditemukan beberapa sumber warga setempat mengungkapan kebanggaannya terhadap Amor sebagaimana di katakan Ramli yang akrap di sapah Ambo Copi, kepada wartawan mengatakan "Alhamdulillah, kami patut bersyukur dan bangga telah memiliki kepala desa seperti pak Amor yang begitu gigih dalam membangun desa serta mampu menata pemerintahan didesa ini dengan baik dan manfaatnya benar benar telah kami rasakan , "kata Ambo Copi yang bangga.

Hal senada disampaikan Saddong warga setempat juga mangatakan "Saya tidak bermaksud memuji pak Amor tetapi, saya melihat bahwa, walau baru lebih satu tahun menjabat kepala desa tetapi pembangunan sudah sangat nampak didesa ini, "kata Saddong. 

Tak berbeda disampaikan Kasturi salah seorang pengusaha menu makan ikan bakar di tempat pariwisata pantai Harapan Ammani juga warga Dusun Ammani Utara mengungkapkan kesyukuran-nya atas kerja nyata yang ditunjukkan kepala desanya dimana Kasturi mengatakan "Seandainya tidak ada pandemi Corona yang mewabah saat ini tentu ekonomi kami sebagai pengusaha menu makan ditempat wisata ini tetap kebanjiran pengunjung dan itu tidak terlepas dari kerja keras kepala desa kami pak Amor, "Jelasnya.

Menariknya, salah seorang warga dari desa tetangga yakni, Desa Tadang Palie yang beda kecamatan sebagaimana warga itu sebut saja inisialnya LJM juga ikut angkat bicara, LJM mengatakan "Saya pernah bilang sama pak Camat bahwa, seandainya ada kebijakan yang bisa diberikan pemerintah biar kampung saya di Gusung Pantai Desa Tadang Palie itu bisa dipimpin oleh pak Amor justru akan lebih baik, "Cetusnya.


LJM menambahkan "ini bisa dibayangkan betapa pesatnya pembangunan di desa tetangga, Desa Mattiro Tasi Red, tetapi di desa kami belum terlihat adanya kemajuan yang signifikan padahal sama sama memiliki anggaran Dana Desa ( DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) jadi mau tidak mau kami pasti agak pesimis dan sedikit 'cemburu' melihat keberhasilan desa tetangga kita, "Ujarnya.

Ditempat terpisah, Amor Kades Mattiro Tasi yang ditemui wartawan di kantor desa Mattiro Tasi belum lama ini nampak tengah sibuk memberikan arahan kepada segenap stap dan perangkat desanya.

Amor yang menerima kedatangan tamu wartawan bergegas mangambil kursi lalu mempersilahkan wartawan untuk duduk sembari berkata "Mari pak, silahkan duduk dulu sebentar biar saya lanjutkan dulu rapat saya paling lama 10 menit lagi selesai, "Sambut pak Kades. 

Usai melaksanakan pengarahan, Amor kembali mengajak wartawan ke ruang kerjanya "mari pak kita bincang bincang di ruangan saya, "Ajak pak kades 

Dari hasil bincang bincang dengan awak media, Amor menyampaikan berbagai hal terkait dirinya yang diamanahkan memimpin desa Mattiro Tasi, Amor mengatakan "Segala sesuatu yang kaitannya dengan pembangunan desa, mestinya kita selalu mengadakan rapat dan musyawarah serta berkoordinasi kepada semua pihak, baik kepada staf, perangkat desa maupun kepada semua elemen masyarakat sebab menurut saya, kemajuan desa memerlukan partisifasi warga karna tanpa partisifasi warga mustahil pemerintahan itu akan berjalan normal dan olehnya itu, saya betul betul harus bisa mengakomodir segala usulan yang disampaikan warga saya sebab wargalah yang akan merasakan dampak dari hasil pembangunan yang kita laksanakan sehingga, kita tidak boleh lepas dari apa yang merupakan kebutuhan mendasar bagi warga selanjutnya warga pula yang memberikan penilaian, " Kata Amor. 

Alhamdulillah, lanjut Amor menerangkan "selama ini saya juga banyak menerima bimbingan dan arahan dari atasan yakni, pak Bupati Pinrang, A.Irwan Hamid. Dan berkat bimbingan beliau lah sehingga, apa yang telah saya capai sekarang ini tentu tidak terlepas dari bimbingan beliau, pak Bupati tetapi bukan berarti tidak ada pihak lain yang sama memberikan bimbingan pada kami seperti halnya dari Dinas BPMD yang merupakan leading sektor pemerintahan desa di Kabupaten Pinrang, "Tutur Amor Kepala Desa Mattiro Tasi.(MUH.SALEH AR).
loading...